Kesehatan

Cara Mencegah Hipertensi Sebelum Terlambat

Penyebab Hipertensi

sumber gambar: cermati.com

Hipertensi sering disebut sebagai the silent killer sebab tanpa adanya gejala atau penyebab yang jelas, penyakit ini akan menyerang tanpa mengenal umur dan buruknya dapat diidentifikasi setelah mengalami komplikasi. Seseorang dikatakan memiliki penyakit ini ketika tekanan darah di dalam tubuh minimal 120/80 mmHg atau lebih. Makanya semua orang disarankan untuk rutin melakukan cek tekanan darah di rumah sakit ataupun di rumah menggunakan alat pribadi setidaknya 6 bulan sekali agar dapat dikenali sejak tinggi. Terutama bagi orang dewasa yang rentang terkena penyakit. Selain itu, anda perlu mengerti cara mencegah hipertensi sebelum terlambat, seperti berikut ini.

  1. Sering Melakukan Olahraga Kardio

Salah satu cara olahraga kardio yang dapat anda lakukan ialah dengan berjalan kaki. Anda dapat berjalan kaki dengan kecepatan bebas setidaknya 30 menit dalam satu minggu. Tentu anda sudah pernah melakukan aktivitas ini bukan? Walaupun olahraga ini terlihat simpel namun sudah terbukti untuk menurunkan tekanan darah seseorang mencapai 8/6 mmHg. Disisi lain, olahraga ini juga berperan dalam suplai oksigen ke jantung secara efisien. Alhasil kinerja organ jantung dalam tubuh akan menjadi lebih stabil dan tekanan darahnya normal.

  1. Memakan Asupan Suplemen Tubuh

Berdasarkan informasi yang bersumber dari 12 studi yang telah dilakukan menyebutkan bahwa adanya koenzim Q10m berdampak besar pada menurunnya tekanan darah mencapai 17 mmHg. Suplemen ini mengandung antioksidan yang berguna untuk pelebaran pembuluh darah dan menghasilkan energi. Dalam mengonsumsi suplemen ini sebaiknya penuh kebijakan sebab ini merupakan hal medis yang tidak lepas dari pengawasan dokter. Jadi untuk mengetahui berapa takaran suplemen yang harus dikonsumsi dalam sehari, konsultasi dengan dokter adalah keputusan yang terbaik agar keamanan dan kesehatan anda tetap terjamin.

  1. Membatasi Asupan Garam

Pembatasan konsumsi garam sangat diperlukan untuk kontrol kesehatan. Hal ini karena pasien hipertensi tidak cocok dengan sifat garam yang dapat mengikat air yang mana berpeluang makanan menjadi asin. Tentu ini akan meningkatkan tekanan darah jika dikonsumsi berlebihan.

  1. Perbanyak Mengonsumsi Sayur

Banyak makan makanan berupa sayur dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh seseorang. Tak hanya itu, kesehatan anda akan lebih terjaga sebab sayur mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh.

  1. Rutin Konsumsi Kentang

Seorang profesor kedokteran preventif di Northwestern University Feinberg School of Medical bernama Linda Van Horn, PhD, RD melakulan penelitian yang menghasilkan suatu kesimpulan bahwa sayuran dan buah yang banyak mengandung potassium setidaknya 2000 – 4000 mg/hari akan membantu tekanan darah menurun. Misalnya kentang yang mengandung potassium dan karbohidrat yang tinggi.

  1. Dark Chocolate

Bagi anda pecinta cokelat, ini merupakan cara mencegah hipertensi paling menyenangkan. Hal ini karena anda hanya perlu memakan dark chocolate dengan 70% kakao. Menurut cermati.com, jika anda mengonsumsinya setidaknya sebanyak ½ ons setiap harinya akan mengurangi tekanan darah. Selain itu mampu merangsang pembuluh darah agar lebih elastis dengan bantuan kandungan flavanol di dalamnya. Sebuah penelitian membuktikan bahwa jika pasien rajin memakannya setiap hari akan terjadi penurunan tekanan darah secara signifikan.

  1. Kurangi Stres

Melansir artikel yang diterbitkan oleh Ciputra Hospital di Garden City Jakarta, stres dalam jangka panjang akan membuat tubuh anda menjadi rusak. Hal ini karena terjadi peningkatan jumlah hormon adrenalin mengakibatkan tekanan darah meningkat juga. Oleh karena itu, agar tekanan darah menurun atau kembali normal, anda harus mengurangi stres. Caranya beraneka ragam, dapat berupa rekreasi, jalan-jalan, yoga, ataupun meditasi. Lakukan apa yang membuat anda senang dan menghilangkan penat anda. Harapannya dengan anda melakukan hal-hal yang menyenangkan dan anda sukai dapat membantu tekanan darah menurun.

Itulah beberapa cara untuk mencegah hipertensi sebelum anda terlambat. Nikmati kehidupan anda dengan menerapkan pola hidup sehat. Jika anda kurang yakin melakukan ini, anda dapat bertanya dan meminta saran dari dokter ahli.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*